Tahapan Proses Calon Jemaah Haji 2024 Masih Terus Berlangsung

Kanwil Kemenag (Kementerian Agama) Sumut mengungkapkan, saat ini tahapan keberangkatan para calon jemaah haji (calhaj) di 2024 masih terus berlangsung.

topmetro.news – Kanwil Kemenag (Kementerian Agama) Sumut mengungkapkan, saat ini tahapan keberangkatan para calon jemaah haji (calhaj) di 2024 masih terus berlangsung.

Ada pun tahapan tersebut, sedang melakukan pembuatan visa haji bagi para calhaj yang akan berangkat dari Sumatera Utara.

“Mengenai keberangkatan haji, kita telah memasuki pembuatan visa haji. Di mana sebelumnya telah kami urus dan teruskan ke Kementerian Agama. Lalu pemberlakukan syarat-syarat. Seperti perekaman biometrik melalui aplikasi sebagaimana persyaratan dari Pemerintah Saudi Arabia,” kata Kepala Kanwil Kemenag Sumut Ahmad Qosbi melalui Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Zulfan Effendi.

Hal itu ia sampaikan dalam ‘media gathering’ bersama insan pers di Aula Kanwil Kemenag Sumut Jalan Gatot Subroto, Medan, Kamis (4/4/2024).

Sebelumnya, lanjut Zulfan Effendi, mengenai pembuatan paspor para calhaj, pihaknya telah menerima dokumennya dari kepala kantor kemenag kabupaten/kota se-Sumut.

“Proses ini sudah selesai di kabupaten/kota,” katanya.

Kuota

Untuk diketahui, kuota haji 2024 secara nasional berjumlah 221 ribu orang. Sedangkan khusus Sumut, berjumlah 8.388 orang. Kemudian oleh pemerintah pusat, bertambah lagi kuota haji sebanyak 20 ribu. Dari tambahan 20 ribu kuota tersebut, Sumut mendapatkan ‘jatah’ 296. Dengan demikian, kuota haji untuk Sumut pada 2024 ini yaitu 8.684 orang.

“Untuk kloter I para calhaj kita sudah bisa masuk asrama pada 11 Mei mendatang. Sedangkan keberangkatan pada 12 Mei 2024,” kata Zulfan Effendi.

Soal pelunasan ongkos naik haji atau ONH, calhaj dari Sumut cenderung baik dari sisi pembayaran. Dari catatan Kanwil Kemenag Sumut, praktis tinggal 16 calon jemaah haji saja yang tinggal melakukan pelunasan.

“Pelunasan ini dilakukan dua tahap. Dan pemerintah pusat memberi keringanan dengan memperpanjang waktu pembayaran sampai tanggal 5 April 2024,” pungkasnya.

Penentuan Idulfitri

Sementara itu, Kabid Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Muslim Lubis menyebutkan bahwa pihaknya akan melakukan hisab rukyat untuk menentukan awal syawal atau Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

Dikatakannya meski di awal Ramadan terjadi perbedaan hari pelaksanaan ibadah puasa, untuk Idulfitri nanti kemungkinan besar digelar serentak.

“Kami tetap berusaha agar supaya kondisi masyarakat tetap tenang dan nyaman. Mari kita jadikan perbedaan sebagai nikmat,” kata Muslim Lubis.

Pihaknya, imbuh Muslim, akan melaksanakan agenda hisab rukyat pada 9 April 2024 di Pantai Pandan Tapanuli Tengah. Juga berlangsung di anjungan lantai 9 Kantor Gubernur Sumut

“Kedua tempat tersebut merupakan agenda resmi dari Kanwil Kemenag Sumut untuk setiap penentuan awal Ramadan maupun Hari Raya Idulfitri,” pungkasnya.

Turut hadir Kepala Bidang PAKIS Mukhsin Batubara, Bimnas Agama Budha Budi Sulistyo, Binmas Agama Hindu Elli Rossa Tarigan, dan Ketua Tim Humas Data dan Informasi Mulia Banurea.

Kegiatan ‘media gathering’ ini sebelumnya dibuka langsung oleh Kakanwil Kemenag Sumut H Ahmad Qosbi.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment